Langsung ke konten utama

My Kisah SMA

 Homo sapiens

Panggil saja Homo sapiens karena saya primata yang hidup pada abad 21. Saya ingin menceritakan tentang masa SMA ku yang lots of stories di mulai dari awal SMA sampai menjelang akhir SMA. Starting from daftar SMA, saya daftar sangat telat dan hampir terlambat. Saat itu 10 Juni 2023, saya kabur dari acara perpisahan SMP ku untuk mendaftar ke SMA. Ngomong nya ke penjaga gerbang beli pulsa, tapi malah kabur hahaha. Pas lagi validasi data, saya di bantu sama Pak Yudi (best guru fisika, sekarang jadi kepala sekolah di SMA lain). Waktu itu Pak Yudi lagi dengerin lagu Rewrite The Stars, sampai sekarang saya masih mengiranya itu lagu favoritnya karena Pak Yudi sangat menikmati lagu itu. Waktu itu saya menyelesaikan pendaftaran sampai hampir matahari terbenam karena menumpuknya para pendaftar yang mau masuk SMA sama denganku. 


A few days latter, saya mendapatkan kabar kalo saya di terima di SMAN 1 Cikalongwetan. Saya menyelesaikan pendaftaran ulang kemudian mengikuti kegiatan MPLS yang dilaksanakan selama satu minggu penuh pada masa awal masuk SMA. Waktu itu, sebelum masa MPLS saya mendapatkan rekan sekelas yang satu SMP bersamaku. But, after psychological test orang-orangnya ganti lagi yang mengharuskan saya untuk masuk ke kelas F pada angkatan kelas 10. Angkatan saya merupakan angkatan ke-42 dari seluruh angkatan yang pernah sekolah disini.  Di masa MPLS si, in my opinion saya ini masih baru-baru banget jadi masih belum pada kenal semuanya. Menurut saya masa ini tuh masa paling tersiksa ya, karena harus banget di jemur matahari, belum lagi kalo masuk ke ruangan kalo ada pemateri sumpek banget tambah panas, bikin kepala pusing. Terus pas pulangnya juga banyak di cek, kayak rambut tuh harus pendek padahal kakak kelas juga pada panjang, harus banget di cepak membuat saya merasa tertekan. Untungnya saya masih bisa bertahan sampai kelas 12 meskipun harus merasakan tekanan di MPLS ini. 


Dari kelas 10 sampai kelas 11 saya selalu menggunakan masker. Alasannya karena emang gak mau orang tau identitas asli ku siapa kalo aku diluar sekolah. Sampe pas awal masuk banyak banget yang nanya, alasannya simple tapi itu ngebentuk personal branding sampai aku masih tetap dapat jatah ketenaranku pada guru-guru cuman karena itu. But, tujuan utamaku menggunakan masker itu memang untuk personal branding pada dasarnya biar guru-guru bisa menilaiku berbeda dari murid yang lain. Di minggu awal pas guru masuk sih seperti biasa aja guru-guru pada ngenalin diri, begitu juga murid pada ngenalin diri masing-masing. Yang paling memorable sih pas Bu Dara masuk ke kelas ku lalu saya mencoba menjawab dengan jawaban yang mendekati. Tiba-tiba ada yang asal bunyi dan saya yang kena batunya, sampe di ceramahin di depan kelas. Rasanya seperti menanggung dosa orang lain dan saya yang harus bertanggung jawab terhadap perbuatan orang. Meskipun kek gitu, saya gak marah karena saya memaklumi teman saya. Mungkin belum pada kenal aja sifat aslinya kayak gimana gitu. Di kelas 10 ini saya hanya mengingat beberapa cerita memorable saja, karena di kelas 10 saya hanya fokus pada adaptasi lingkungan sekolah. 


Lanjut cerita di projek pertama dengan tema gaya hidup berkelanjutan saya mendapatkan kelompok yang cukup kompeten dalam menyelesaikan projek ini karena semua anggota kelompok bertanggung jawab dalam mengerjakan LKPD. Saya masih ingat banget, waktu itu saya tiba-tiba direkrut buat bikin karya tulis STEM. Saya merasa saya itu masih baru banget disini, masih adaptasi lalu diberi tiket buat ikut lomba. Saya merasa keteteran, tapi untungnya waktu itu kelompokku kurang satu orang. Kebetulan waktu pas daftar lomba itu masih satu waktu sama projek, saya inget banget kalo temen saya di highlight guru ekonomi karena idenya cukup gila banget buat direalisasikan sampe jadi perbincangan guru-guru. Saya ngajak orang itu buat ikut lomba karya tulis Samsung Solve for Tomorrow karena anggota saya kurang satu personel lagi. Tapi temenku yang diajak itu malah ikut latihan buat lomba lain padahal dia yang punya idenya, alhasil karya tulisnya kurang maksimal dan enggak lulus seleksi. Di lomba yang sama dan waktu yang berbeda, saya ghosting orang lomba karya tulis tersebut meskipun sudah diberikan saran bahwa saya harus ikut lomba karya tulis ini karena saya masih trauma dengan lomba tersebut. 


Next, projek kedua dengan tema kearifan lokal saya mendapatkan kelompok yang dimana secara first impression saya kelompok ini tuh kurang kompeten di bandingkan kelompok sebelumnya. Saya di projek kedua selalu saja saya yang mengerjakan LKPD karena khawatir mereka enggak bisa imbangin saya dalam mengerjakan LKPD. Belum lagi di projek kedua ini banyak sekali trouble kayak LKPD ini tuh belum waktunya dikerjain tapi udah dikerjain duluan gitu. Padahal kan yang ngasih LKPD nya para pihak guru. Di akhir projek ini kelompok kita nampilin permainan tradisional. Tapi saya telah belajar di projek ini kalo kita enggak pinter manfaatin orang bahkan orang yang enggak kompeten sekalipun bakalan tetep orang itu gabakalan berguna. Makannya saya belajar cara manfaatin orang meskipun orang itu enggak kompeten sekalipun seenggaknya meringankan tugas kita, kalo di istilah manajemen namanya leverage. 


Projek ketiga, nothing’s new sih hampir sama kayak projek pertama. Tema projek ini tuh bangunlah jiwa dan raga, tapi di tugas akhirnya membuat film tentang bahaya narkoba. Saya hanya kebagian menjadi BNN doang, rasanya kek enggak ngapa-ngapain di projek ini tuh, soalnya saya gak banyak ngerjain LKPD tapi banyak tidur di kelas (:v). Kebetulan juga kelompok projek ini sama-sama kompeten kayak kelompok projek pertama. Projek ini tuh diselenggarakan di semester 2 kelas 10, jadi ini tuh projek terakhir di kelas 10. Di semester 2 ini juga saya mengikuti OSN astronomi, tapi masih belum beruntung bisa lolos seleksi karena sejujurnya saja saya enggak pernah tau mulai belajar astronomi dari mana, saya hanya mempelajari persamaan fisika kinematika nya saja pada waktu itu. 


Setelah melewati tiga projek, akhirnya saya dapat naik ke kelas 11. Diawal kelas 11 saya enggak banyak pengalaman memorable sih, cuman ada pengalaman baru yang gak ada di kelas 10 yaitu moving class. Jadi, setiap ganti pelajaran peminatan orang-orang nya itu ganti lagi, beruntung kalo dapet orang yang full satu peminatan dari jam pertama sampai jam terakhir. Di awal peminatan sih, sama aja guru-guru pada mengenalkan diri terlebih dahulu sebelum langsung belajar. Di kelas 11 ini saya ikut 4 lomba yaitu Kihajar STEM, R4M, Chemistry Fun Days dan OSN astronomi. Saat Kihajar STEM, saya satu kelompok dengan teman saya yang pernah satu bimbel dulu. Saya belajar dengan mereka sampai larut malam, aslinya cuman 30% belajar 70% kongres. Tapi itu letak serunya sih, sayangnya Kihajar STEM ini cuman ada waktu kelas 11 doang. Tapi tetep aja, di lomba ini kami masih enggak lolos padahal banyak yang pake AI buat jawab soal, karena gak ada kamera pengawas dari pihak pelaksana lomba. 


Di lomba R4M ini saya banyak dispen, lomba ini tuh tujuannya nyuruh bikin robot buat misi mindahin barang doang. Tim saya beranggotakan 4 orang dari angkatan yang sama semua. Pada saat latihan, tim kami tuh harus ngerancang robot buat misi nya, belum lagi harus ngoding. Tapi bagian coding full copas dari AI sih karena waktunya saat lomba itu mepet banget, ditambah lagi kita enggak ada waktu buat belajar coding dari pemula sampai jadi sepuh coding. Di saat latihan juga kami sempat buat konten tiktok, cari aja @fenkain di tiktok entar nemu konten yang FYP nya (:v). Sekolah saya mengirimkan dua tim, kedua tim tersebut lolos di seleksi regional karena saat seleksi regional yang mengikuti seleksi hanya ada 8 tim, alhasil lulus semua untuk mengikuti seleksi nasional. Di seleksi nasional, sayangnya kedua tim enggak lolos, padahal kalau lolos bisa mampir dulu ke Taiwan. 


Lanjut cerita saya mengikuti OSN astronomi. Saya sebenarnya di seleksi OSN-K ini gak ngarep apa-apa sih karena saya sama sekali enggak belajar perhitungannya tapi lebih cenderung ke teori dasarnya aja kayak stellar life cycle, paradox olbers, pembentukan aurora borealis dan menghafal rasi bintang. Tapi ternyata saya masih bisa lolos, dari seluruh angkatan yang mengikuti OSN-K ini, saya satu-satunya yang lolos OSN-K dari sekolah saya. Saat pengumuman kelulusan itu saya sudah berada di kelas 12, saya panik dong karena waktu OSN-K saya gak belajar sama sekali. Tiba-tiba banget Pak Suhe ngasih ucapan selamat tanpa jelas menyebutkan lomba apa, disana saya sudah menduga kalo saya itu lolos OSN-K. Disela-sela pengumuman OSN-K, saya mengikuti Chemistry Fun Days. Saya sudah prefer banget buat ikut lomba ini, saya sudah belajar dari jauh-jauh hari, apalagi saya udah namatin teori asam-basa Arrhenius, Bronsted-Lowry dan Lewis. Tapi sayangnya di lomba ini saya hanya menjadi cadangan saja. Tim saya tidak lolos pada lomba Chemistry Fun Days, tapi karena saya masih memiliki satu perlombaan lagi, yaitu OSN-P yang membuat saya harus belajar lagi tentang astronomi. Sebelum mengikuti pelatihan, saya sudah mempelajari hampir seluruh materi dasar matematika terlebih dahulu karena OSN astronomi ini hampir 90% adalah perhitungan dan hanya sedikit sekali teori. Saya berinisiatif untuk mengikuti pelatihan terpusat OSN-P pada bidang astronomi, itu pun saya di berikan saran dari Pak Aldi dan saya mengikuti pelatihan tersebut dari biaya sendiri. 


Pada saat pelatihan, saya bertemu dengan orang-orang dari berbagai daerah, ada yang dari pulau Jawa maupun lintas pulau. Teman sekamarku cukup ramah, dia dari bidang kimia. Di pelatihan ini, saya mendapatkan insight baru tentang cara mereka belajar, cara mereka komunikasi, dan cara mereka menyelesaikan sebuah soal OSN. Selain itu, ketika istirahat saya sering sharing bersama tutor saya dan orang-orang yang ada di sana mengenai kebudayaan sekolah, seleksi perguruan tinggi negeri dan banyak hal lain sebagainya. Orang-orang yang mengikuti pelatihan ini berbeda sekali dengan orang-orang yang berada di sekolah saya. Mereka semua memiliki atmosphere kaum intelektual yang kuat. Saya merasa ini tuh suatu hal yang baru, karena dengan mereka saya telah belajar banyak hal. Mulai dari sekolah negeri sampai sekolah swasta, ada yang mengikuti pelatihan ini terutama banyak sekali dari sekolah MAN Insan Cendekia dan ada pula yang dari sekolah SMA Pradita Dirgantara. Meskipun kata orang sekolah Penabur itu penguasa lomba, tapi di pelatihan ini enggak ada yang dari sekolah Penabur. Selama lima hari, disana saya belajar intensif mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam. Tutor kelas saya berasal dari ITB dan UI. Pas tutor pertama asalnya dari ITB yang menggantikan tutor dari UI karena berhalangan hadir. Tutor yang dari UI ini merupakan cast dari Clash of Championship Ruangguru Season 2, yaitu Kak Indra Rhamadan. 


Saya di kelas hanya bisa mendengar dan melihat penjelasan dari tutor sambil menahan ngantuk agar materi tetap masuk. Kadang-kadang di sela-sela pertanyaan, saya sering sekali bertanya diluar nalar, out of the box. But, tetep aja, banyak nya sih materi enggak masuk karena hitungan saya sangat jelek di kelas di bandingkan orang-orang kelasku yang satu bidang denganku. Disana saya menyadari bahwa kemampuanku di sekolahku dan di sebuah kelas yang penuh dengan kaum-kaum intelektual itu gap nya sangat amat tinggi. Beberapa hari setelah mengikuti pelatihan, saya mengikuti seleksi OSN-P. Saya sudah prefer ketika hari-h sudah dekat seperti mengerjakan latihan soal, akan tetapi karena gap ilmu yang saya pelajari tersebut masih tertinggal jauh, saya tidak lolos dalam seleksi OSN-P. Meskipun seperti itu, saya tidak merasa sia-sia menggunakan uang sendiri untuk mengikuti pelatihan, karena saya bertemu dengan orang-orang intelektual yang hebat dan saya merasa hal itu adalah hal yang langka selama saya hidup 18 tahun. 


Dikelas 11 juga ada 2 projek, temanya itu suara demokrasi sama bhineka tunggal ika. Di tema projek suara demokrasi, saya mendapatkan anggota kelompok yang cukup kompeten, dimana seluruh anggota kelompok cukup bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing ketika mengerjakan LKPD. Di tema ini, setiap kelas membentuk satu partai kemudian setiap partai berkoalisi dengan partai yang lain (antar kelas) untuk mengusungkan calon pemimpin yang akan maju. Di akhir tugas, saya cuman nonton doang orang lagi orasi, seolah-olah mereka semua benar-benar sedang mencalonkan diri menjadi seorang pemimpin.

Di tema kedua dengan tema bhineka tunggal ika, saya memiliki kelompok yang menurut saya kemampuannya itu kurang kompeten dibanding kelompok projek sebelumnya. Tapi, saya tetap memanfaatkan mereka untuk tetap mengerjakan LKPD. Ketika saya disuruh menulis LKPD, saya selalu beralasan alih-alih tulisan saya jelek sehingga saya hanya copy paste jawaban saja dari AI dan sumber literasi lainnya untuk mengerjakan LKPD. Di akhir tugas ini, seluruh angkatan kelas 10 dan kelas 11 mengikuti acara study tour. Acara studytour ini mepet banget sama pelantikan KDM sehingga acara ini dipercepat karena KDM pada saat kampanye menyebutkan bahwa ia akan melarang study tour keluar kota. Hal ini membuat saya berpikir bahwa mungkin sekolah takut akan otoritas KDM ketika menjabat sebagai gubernur. Ketegasan KDM dalam menegakkan peraturanya ini didukung ketika awal-awal KDM menjabat sebagai gubernur, langsung memecat kepala sekolah SMAN 1 Depok yang masih ngeyel memberangkatkan siswa untuk study tour lintas provinsi. 


Naik ke kelas 12, di kelas 12 ini saya ikut OSN-P, dimana OSN itu seharusnya dilaksanakan saat kelas 11, tapi karena keterlambatan pihak penyelenggara makannya diundur waktu perlombaan nya. Perlombaan yang diikuti saya pas kelas 12 itu cuman OSN-P doang, seperti yang sudah dijelaskan tadi apa saja kegiatannya. Mungkin masih banyak hal yang masih saya bisa ceritakan, tapi karena waktunya mepet jadi saya harus mengerjakan KTI terlebih dahulu sebagai tugas akhir kelas 12. Saya ucapkan terimakasih kepada pembaca, karena dengan membaca seseorang membuka ruang dialog tanpa batas waktu. Dengan membaca memungkinkan seseorang belajar langsung dari orang-orang yang mungkin tak pernah ditemui, bahkan yang telah lama tiada. Saya Homo sapiens, meminta maaf sebesar-besarnya atas kekurangan saya dalam membuat blog ini dan mungkin masih banyak hal rimpang dari blog yang telah saya buat, terimakasih semuanya.


~ Salam hangat, Homo sapiens. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

THE IMPACT OF BOTTLE RECYCLING

  By Rizka, Sulis, Dela, Robi, Salman, Haikal Waste is the remaining product or item that is no longer used. There are 3 ways or methods to manage waste namely reducing, reusing and recycling plastic here will discuss about recycling the plastic bottle waste, recycling plastic bottle is very beneficial and has many positive impacts. Although some students actively participate in this practice, there are still many students who  cannot or refuse to recycle plastic bottles. The following is the impacts of recycling of bottle waste for our life From our interviews and research, several positive and negative impacts of recycling plastic bottle waste have been identified, such as air pollution, where certain methods of recycling plastic bottles can harm air quality. Recycling bottle waste can impact the quality of the product itself. Poor and inadequate management during production stages can result in low-quality products. Recycling plastic bottle waste also leads to an increase i...

Story at School

 Rika Dimas Fitria  XII.i B.Indonesia Story at School Kelas X  Pada suatu hari,,saya telah lulus MTs sampai orang tua meneruskan saya ke Sekolah SMAN 1 Cikalongwetan ini,lalu saya daftar ke SMAN 1 Cikalongwetan bersama kakak dari pagi sampai jelang malam,sampai menunggu pengumuman diterima atau tidaknya,sampailah Alhamdulillah saya diterima disekolah ini.Lalu salah satu teman sosmed menghubungi saya bahwa kita sekelas,dia bernama Shifa Sulastri.karena sekolah ini pada era covid kita sekolah dibagi sesi pertama dan kedua lalu saya sesi dua sampai bertemu pada pertemuan sekolah saya bertemu dengan Shifa langsung,tidak hanya Shifa bahwa saya juga sekelas dengan temen SD saya yaitu Siti Sopiah,sampai pada hari-hari berikutnya saya berkenalan dengan teman yang lainnya seperti N.Sani,Suci dan yang lainnya.Lalu wali kelas X kita adalah ibu Amila sholihah lalu saya mengerjakan tugas sebagian BDR dan diadakannya projek Pertama yang berjudul KTI (karya tulis Imiyah) dan disatukan k...

CERITA YANG TIDAK AKAN BERAKHIR

Saskia Agustin Masa corona akhirnya berakhir, semua yang berada di rumah akhirnya kembali menjalani kehidupan seperti semula walaupun masih identik dengan pemakaian masker yang wajib dipakai apabila akan keluar rumah. Seperti halnya denganku, saskia. Mulai kembali menjadi siswi yang berangkat pagi untuk ke sekolah, yang juga seperti itu. Pembelajaran di sekolah masih belum efektif ternyata, jadi para guru memberikan alternatif agar bisa melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah dengan menerapkan sistem yang dikelas para murid dibagi 2 atau dengan sebutan sesi a dan b.  Belum begitu banyak mengenal siapa saja yang ada di kelas hanya satu, siti. Unik memang ketika Aku menyangka kalau Siti itu orangnya memiliki badan yang tinggi hahah. Alurnya singkat sampai tanpa tidak sadar kalau kita sudah begitu dekat tapi bukan hanya siti ada satu orang lagi yang sampai sekarang dekat denganku dia Rahma, orang ketika mendengar namanya pasti akan langsung bilang " anu pinter tea", asli mema...